S
|
eni rupa adalah cabang seni yang
membentuk karya seni dengan media yang bisa dinikmati oleh indera penglihatan
yaitu mata dan dapat pula dirasakan melalui rabaan menggunakan indera peraba.
Kesan ini diciptakan dengan cara mengolah konsep titik, garis, bidang, bentuk,
volume, warna, tekstur dan pencahayaan dengan acuan estetika.
Contoh bidang seni rupa, meliputi:
1. Seni Lukis
2. Seni Grafis
3. Seni Patung
4. Seni Instalasi
5. Seni Keramik
Fungsi dari karya seni rupa ada 2, yaitu:
1. Fungsi
estetika.
Adalah fungsi
yang ditujukan hanya untuk keindahan atau hiasan. Misalnya: Vas bunga, guci,
batik untuk hiasan dinding dan lain-lain.
2. Fungsi praktis.
Adalah karya
seni yang memiliki tujuan utama untuk dipakai dalam kehidupan sehari-hari.
Misalnya: kursi,lemari, meja.
Dalam prakteknya seni
rupa pembuatan kerjinan keramik pada anak usia dini (AUD) merupakan salah satu
pembelajaran yang menyenangkan yang melibatkan beberapa aspek perkembangan,
yaitu kognitif dan motorik. Selain itu, praktek membuat karya seni menunjukan
jenis kecerdasan dominan yang dimiliki oleh anak.
Kecerdasan yang dimaksud adalah:
1. Kecerdasan
visual-spatial.
Kecerdasan visual-spasial menunjukkan kemampuan seseorang untuk
memahami secara lebih mendalam hubungan antara objek dan ruang. Peserta didik
ini memiliki kemampuan, misalnya, untuk menciptakan imajinasi bentuk dalam
pikirannya atau kemampuan untuk menciptakan bentuk-bentuk tiga dimensi seperti
dijumpai pada orang dewasa yang menjadi pemahat patung atau arsitek suatu
bangunan. Kemampuan membayangkan suatu bentuk nyata dan kemudian memecahkan
berbagai masalah sehubungan dengan kemampuan ini adalah hal yang menonjol pada
jenis kecerdasan visual-spasial ini. Kecerdasan
visual-spasial berhubungan dengan objek dan ruang yang dihadapi dalam kehidupan
sehari-hari, salah satunya dalam hal membuat seni rupa berupa kerajinan keramik
dalam proses pembelajarn Anak Usia Dini(AUD).
2. Kecerdasan
Naturalis.
Kecerdasan naturalis menunjukkan kemampuan seseorang untuk peka
terhadap lingkungan alam, misalnya senang berada di lingkungan alam yang
terbuka seperti pantai, gunung, cagar alam, atau hutan.
Peserta didik dengan kecerdasan seperti ini cenderung suka
mengobservasi lingkungan alam seperti aneka macam bebatuan, jenis-jenis lapisan
tanah, aneka macam flora dan fauna, benda-benda angkasa, dan sebagainya.
3. Kecerdasan
Logical-Mathematics
Kecerdasan logical-matematika menunjukkan kemampuan
seseorang dalam berpikir secara induktif dan deduktif, berpikir menurut aturan
logika, memahami dan menganalisis pola angka-angka, serta memecahkan masalah
dengan menggunakan kemampuan berpikir. Peserta didik dengan kecerdasan
matematika-logika tinggi cenderung menyenangi kegiatan menganalisis dan
mempelajari sebab akibat terjadinya sesuatu. Dalam membuat kerajian keramik
dibutuhkan pola bentuk, komposisi, kesimetrisan bentuk yang merupakan konsep
matematika sederhana pada pendidikan anak usia dini.
4.
Kecerdasan interpersonal.
Kecerdasan interpersonal menunjukkan kemampuan seseorang untuk
peka terhadap perasaan orang lain. Mereka cenderung untuk memahami dan
berinteraksi dengan orang lain sehingga mudah bersosialisasi dengan lingkungan
di sekelilingnya.
Kecerdasan semacam ini juga sering disebut sebagai kecerdasan sosial, yang selain kemampuan menjalin
persahabatan yang akrab dengan teman, juga mencakup kemampuan seperti memimpin,
mengorganisir, menangani perselisihan antar teman, memperoleh simpati dari
peserta didik yang lain, dan sebagainya. Dalam hal ini kecerdasan interpersonal
dibutuhkan anak saat ingin mempresentasikan hasil karyanya yang berupa
kerajinan keramik.
Hotels Near Casino Vr - Mapyro
ReplyDeleteFind 진주 출장샵 Hotels near Casino Vr 밀양 출장마사지 in Las Vegas, NV and other places to stay in and play. Find 대전광역 출장안마 the closest 전주 출장안마 casinos to Casino Vr. 공주 출장샵